ENG

Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT Pertama Indian Ocean Rim Association

Jakarta,IORA-Direktur Jenderal  Asia-Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya mengkonfirmasi bahwa ndonesia akan menjadi tuan rumah KTT pertama Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta pada tanggal 7 Maret 2017.

Selama KTT pertama tersebut, negara anggota IORA akan menandatangani final IORA Concord, yang bertujuan untuk memperkuat kerjasama ekonomi dan strategis di antara 21 negara yang berbatasan dengan Samudera Hindia, ujar Desra di sela-sela  Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia 2016.

"Proses penyusunan Concord ini sedang berjalan dan akan ditindaklanjuti dalam pertemuan tingkat menteri IORA pada bulan Oktober di Nusa Dua, Bali," kata Desra kepada wartawan.

Keputusan untuk menyelenggarakan IORA Summit yang pertama di Jakarta ditetapkan pada pertemuan pejabat senior pada September 2015 IORA di Padang, Sumatera Barat, di mana negara-negara anggota sepakat untuk bersidang setidaknya empat kali guna membahas penyusunan Concord sebelum KTT bulan Maret.

Selain memaksimalkan potensi perdagangan, investasi dan kerjasama ekonomi di kawasan, IORA Concord juga bertujuan untuk menangani masalah-masalah non-tradisional, seperti penangkapan ikan ilegal, perdagangan manusia, perdagangan narkoba, migrasi ilegal dan pembajakan.

Negara-negara IORA adalah negara-negara yang berbatasan dengan Samudera Hindia, yaitu Australia, Bangladesh, Komoro, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Seychelles, Afrika Selatan, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab dan Yaman.

Indonesia menjadi ketua IORA untuk periode 2015-2017. (Evi/Translator:Sugiarti)