ENG

Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT Perdana IORA

Adriana Elisabeth, Ketua Indian Ocean Rim Academic Group (Tempo/Maria Rita)

Jakarta,IORA-Indonesia akan menjadi tuan rumah pertama KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta pada Maret ini. KTT tersebut rencananya akan dihadiri oleh kepala negara dari 21 negara pesisir yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

"Ini akan menjadi pertemuan tingkat tinggi pertama untuk IORA, sebelumnya pertemuan IORA hanya sebatas tingkat menteri," Ujar Ketua Indian Ocean Rim Grup Akademik (IORAG),  Adriana Elisabeth kepada wartawan seusai group meeting pada hari rabu.

Konsep Blue Economy yang digambarkan oleh organisasi menyoroti pentingnya nilai-nilai inklusif dan berkelanjutan, tidak terlepas dari masalah lingkungan laut, tambahnya.

Academic group meeting yang diadakan di Jakarta pada hari rabu tersebut menghasilkan satu set rekomendasi yang akan disampaikan kepada kepala sekretariat KTT IORA , kata Adriana.

Dokumen tersebut menjabarkan fokus poin untuk KTT, termasuk menyoroti  bidang-bidang prioritas seperti keselamatan dan keamanan laut, manajemen risiko bencana, manajemen perikanan, perdagangan, pariwisata, pemberdayaan gender serta ilmu pengetahuan akademik dan pengembangan teknologi.

Direktur IORA Graham Anderson mengatakan pertemuan pejabat senior berlangsung di Bali 22-27 Oktober tahun lalu dan membahas lebih lanjut tentang persiapan, seperti gambaran rencana yang akan dilaksanakan oleh negara-negara anggota dalam  lima tahun ke depan.

Indonesia  menjadi ketua IORA untuk dua tahun terakhir dan akan digantikan oleh  Afrika Selatan pada 2017 ini. (liz / BBN/Translator:Sugiarti)