ENG

Ketika Para Ibu Negara Membatik

Jakarta, IORA - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri mendampingi istri empat kepala negara dan kepala pemerintahan peserta Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (KTT IORA) membatik di Istana Bogor, Selasa.

Keempat istri kepala negara-kepala pemerintahan ini adalah istri Wakil Perdana Menteri Somalia Suleikha Ghalinle Osman, istri Wakil Perdana Menteri Singapura Chew Poh Yim, istri Presiden Republik Persatuan Tanzania Mwanarnwerna Shein dan Istri Presiden Republik Afrika Selatan Bongi Ngema Zuma.

Iriana Jokowi mendampingi keempat istri kepala negara-pemerintahan peserta KTT IORA ini secara bergantian saat memegang canting hingga melukiskan di kain sutera putih yang telah disediakan.

"Kain sutera ini ditulis tangan dulu, dicoret pakai pensil dan disesuaikan dengan negaranya. Contohnya Indonesia terkenal dengan bunga melati, maka Ibu Negara akan membatik motif batik melati, Singapura membatik dengan motif bunga anggrek. Temanya membatik motif bunga," kata Manajer Cabang Batik Danarhadi Jakarta, Denny R Eryawan, saat mendampingi para tamu negara ini membatik bersama.

Denny mengatakan hasil membatik para keempat istri kepala negara dan pemerintahan ini akan dilanjutkan oleh ahli batik dan diproduksi, selanjutnya akan dikirimkan ke negaranya sebagai cinderamata.

Selain membatik bersama, Batik Danarhadi juga memajang koleksi batik dari museumnya di Solo, seperti Batik Keraton, Batik Jawa Hokokai, Batik Cina, Batik Belanda, Batik Indonesia, untuk dipamerkan kepada para tamu negara tersebut.

"Tema pameran batik kali ini adalah batik pengaruh jaman dan lingkungan," katanya.

Denny berharap dengan dikenalkannya batik kepada para istri kepala negara dan pemerintahan ini maka batik semakin dikenal di dunia, terutama di negara para tamu tersebut.

"Ke depannya semoga lebih dikenal di negara luar," harap Denny.

Dalam pameran ini juga diperkenalkan beberapa produk kerajinan mutiara.

Para tamu Ibu Negara ini juga sempat membeli koleksi batik yang dimiliki Batik Danarhadi dan beberapa kerajinan mutiara yang dipamerkan. (Joko Susilo)

Sumber: Antara