ENG

PM Australia Puji Presiden Joko Widodo

Jakarta, IORA - Perdana Menteri Australia Malcom Turnbull memuji Presiden Joko Widodo terkait penanganan unjuk rasa umat Islam yang berlangsung dengan damai.

"Presiden menunjukkan sikap yang luar biasa dalam menangani demokrasi Islam beberapa waktu lalu," kata Malcom Turnbull pada saat konferensi pers penutupan KTT IORA di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (7/3).

Menurut dia, sikap yang ditunjukkan oleh Presiden merupakan langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya potensi gerakan radikal. Maka dari itu, keamanan regional sekitar Samudra Hindia harusnya secara bersama-sama dapat mengantisipasi dan mencegah potensi tindakan terorisme. "Kita mengutuk aksi terorisme, dan kawasan Samudra Hindia harus waspada," kata Turnbull.

Saat ini tindakan pencegahan terhadap aksi terorisme, lanjut Turnbull, harus segera dibangun untuk mendukung mewujudkan kawasan Samudra Hindia yang lebih baik.

Diharapkan melalui KTT IORA yang salah satunya dokumennya tertuang perjanjian memerangi terorisme, ekstrimisme, dan gerakan radikal dapat membuat kawasan itu menjadi damai.

"Selama ini kawasan Samudra Hindia masih belum bekerja sama dengan baik, diharapkan tujuan dari IORA adalah bagaimana menjaga perdamaian dengan berlandaskan hukum," pungkasnya. (Tri Antoro)